Sabtu, 11 Juni 2016

Apa Boleh Pijat Selama Hamil?

pregnancy massage
Rasa kurang nyaman saat menjalani masa kehamilan membuat para calon bunda sering mengalami stres. Meski demikian, bukan berarti tidak ada solusi yang tepat untuk mengatasinya seperti melakukan pijatan misalnya. Eits, jangan keburu pergi ke spa atau salon dulu untuk merasakan nikmatnya tangan para pemijat profesional. Mengapa? Saat bunda hamil tentu ada banyak hal yang harus diketahui agar kehamilan tetap sehat dan aman.

Diakui, salah satu keluhan yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah sakit punggung, pembengkakan atau edema, mood yang kurang nyaman serta otot otot yang meregang. Nah, diharapkan dengan terapi pijatan ini maka segala keluhan diatas setidaknya dapat berkurang atau menghilangkan rasa sakit. Pertanyaannya adalah apa boleh pijat selama hamil?
Wanita hamil boleh saja melakukan pemijatan untuk memberi relaksasi pada tubuh asalkan untuk melakukannya sebaiknya ibu hamil memilih terapi pijat yang sudah berpengalaman atau bila perlu yang sudah mengantongi sertifikat. Hal ini penting mengingat resiko yang bisa saja muncul jika terapist tersebut kurang berpengalaman.

Mereka memahami apa yang harus dilakukan selama memijat apakah aman atau tidak bagi ibu dan bayi. Seperti, tidak membaringkan ibu hamil dalam posisi telentang di usia kehamilan 22 minggu karena menyebabkan penurunan sirkulasi darah bagi bayi dan ibu. Atau, menghindari area tertentu seperti pergelangan kaki atau sekitar rahim dan vagina yang bisa menimbulkan persalinan dini.

Satu lagi, untuk pemijatan sebaiknya dilakukan setelah melewati trimester pertama dikarenakan pada fase ini semua organ janin mulai terbentuk. Faktanya, justru  disaat ini banyak ibu hamil yang merasa tidak enak badan entah itu mudah letih dan lainnya. Meski demikian, jangan dipaksakan ya bunda. Karena lebih baik melakukan pijatan pada trimester kedua atau saat punggung benar benar sakit atau nyeri.

Oh ya, ada satu teknik pijatan yang bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan menyenangkan tanpa harus pergi ke terapist. Apa itu? Yup, ajaklah suami untuk mempelajari teknik pijat ibu hamil dengan metode yang aman dan nyaman.


Advertiser