Rabu, 20 April 2016

Ketahui Penyebab dan Penanganan Mata Bintitan - Hordeolum

Hordeolum
Definisi
Hordeolum adalah suatu infeksi pada satu atau beberapa kelenjar di tepi atau di bawah kelopak mata. Bisa terbentuk lebih dari 1 hordeolum pada saat yang bersamaan. Hordeolum biasanya muncul dalam beberapa hari dan biasa kambuh secara spontan.

Penyebab
Hordeolum adalah infeksi akut pada kelenjar minyak di bawah kelopak mata yang di sebabkan oleh bakteri dari kulit (biasanya di sebabkan oleh bakteri stafilokokus). Hordeolum sama dengan jerawat kulit. Kadang timbul bersamaan dengan atau sesudah blefaritis, bias juga secara berulang.

Gambaran klinis
  • Biasa berawal dengan kemerahan, nyeri bila ditekan dan nyeri pada tepi kelopak mata.
  • Mata mungkin berair, peka terhadap cahaya terang dan penderita merasa ada sesuatu di dalam matanya. Biasanya hanya sebagian kecil didaerah kelopak yang membengkak, meskipun ada seluruh kelopak membengkak
  • Di tengah daerah yang membengkak sering kali terlihat bintik kecil yang berwarna kekuningan.
  • Bias terbentuk abses yang cenderung pecah dan melepaskan sejumlah nanah.

Diagnosis
Ditegakkan berdasarkan gejala dan pemeriksaan fisik.

Penatalaksanaan
  1. Hordeolum bisa diobati dengan kompres hangat selama 10 menit sebanyak 4xsehari. Jangan mencoba memecahkan hordeolum, biarkan pecah sendiri.
  2. Salep mata sulfasetamide 10%, 4xsehari selama 10 hari.
  3. Tetes mata antibiotic dapat digunakan, tetapi memerlukan dosis yang lebih sering, setiap 3-4 jam, dan biasanya kurang efektif.

Pencegahannya adalah selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh di sekitar mata. Bersihkan minyak yang berlebihan di tepi kelopak mata secara perlahan.




Pedoman Pengobatan Dasar di Puskesmas 2007

Advertiser