Senin, 07 Maret 2016

Penyebab gusi berdarah (gingivitis)

Ginggivitis
Devinisi
Gingivitis adalah inflamasi ginggiva marginal atau radang gusi.

Penyebab
Radang gusi ini dapat disebabkan oleh factor local maupun factor sistemik. Factor local diantaranya karang gigi, bakteri, sisa makanan (flak), pemakaian sikat gigi yang salah, rokok, tambalan yang kurang baik. Factor sistemik meliputi DiabetesMilitus (DM), ketidakseimbangan hormone (saat menstruasi, kehamilan, menopause, pemakaian konstrasepsi), keracunan logam, dan sebagainya.

Gambaran klinis
  1. Penderita biasanya mengeluh mulut bau, gusi bengkak mudah berdarah, tanpa nyeri, hanya kadang terasa gatal
  2. Pada pemeriksaan gusi tampak bengkak, berwarna lebih merah dan mudah berdarah pada sondasi. Kebersihan mulut biasanya buruk. Gingivitis herpes biasanya disertai gejala heprpes simpleks. Tanda di gusi tidak disertai bau mulut.
  3. Salah satu bentuk radang gusi adalah perikoronitis yang gejalanya lebih berat : demam, sukar membuka mulut.
Diagnosis
Peradangan pada gusi

Penatalaksanaan ( gingivitis treatment )
  • Anjurkan pasien untuk memperbaiki kebersihan mulut dan berkumur dengan obat kumur iodium povidon atau H2O2 35 3xsehari selama 3 hari. Karang gigi dibersihkan dan lakukan fisioterapi oral.
  • Bila dengan perbaikan kebersihan tidak sembuh, amoksisilin 500 mg 3xsehari selama 5 hari, dan perlu dipikirkan kemungkinan sebab sistemik seperti DM,
  • Perikoronitis memerlukan antibiotic sistemik selama 5 hari. Amoksisilin atau eritromisin 500 mg 3xsehari, dan jika diperlukan lakukan pengangkatan operculum.




Pedoman Pengobatan Dasar di Puskesmas 2007

Advertiser